SMA Negeri 1 Bantur-Kesehatan peserta didik perlu mendapat perhatian penuh agar dapat belajar dengan nyaman di sekolah. Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan peserta didik, SMAN 1 Bantur mengadakan Tes Screening Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan UPT Puskesmas Wonokerto Kecamatan Bantur. Tes Screening yang ditujukan kepada peserta didik kelas X baik laki-laki maupun perempuan yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 20 Januari 2023 bertempat di Aula SMAN 1 Bantur. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta derajat kesehatan anak sekolah dan usia produktif. Dalam kegiatan ini juga diberikan penyuluhan kesehatan dan distribusi tablet tambah darah dan screening anemia pada rematri di sekolah.

Selain itu pada kegiatan tersebut diharapkan peserta didik membawa HP android untuk menginstal aplikasi CERIA ( Cegah Anemia Remaja Putri Indonesia).  Aplikasi CERIA adalah sarana untuk melakukan pencatatan dan pelaporan data secara elektronik untuk konsumsi tablet tambah darah remaja puteri, sebagai sumber informasi untuk remaja puteri mengenal tablet tambah darah dan anemia, serta pengingat minum tablet tambah darah setiap minggu. Data yang terdapat dalam aplikasi CERIA dapat direkap oleh sekolah dan puskesmas yang berada pada wilayah sekolah. Pendaftaran dalam aplikasi CERIA membutuhkan data diri seperti nama lengkap, NIK, email, nomor handphone, tempat dan tanggal lahir, sekolah, username, dan password.

Pada aplikasi CERIA terdapat menu Minum Tablet Tambah Darah (TTD) dan ukur. Di menu Minum TTD diperlukan untuk memasukkan data jumlah TTD yang diminum, sumber TTD, dan deskripsi. Di menu Ukur akan ada input tanggal minum, Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), dan Hemoglobin (Hb). Riwayat Minum TTD dan Ukur dapat dilihat pada Beranda. Pengisian data dalam aplikasi CERIA dilakukan pribadi oleh siswi, data diisi setelah melakukan minum TTD bersama.

Screening kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Wonokerto juga meliputi: penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan kesehatan gigi, dan mulut serta pemeriksaan kesehatan telinga, mata dan golongan darah. Bagi bapak ibu guru juga dilakukan tes gula darah untuk mengetahui kadar gula darah normal/tidak normal dari bapak/ibu guru SMAN 1 Bantur sebagai upaya untuk pemeliharaan kesehatan pribadi.

By admin

Tinggalkan Balasan